STOP SOPA !

Rabu, 23 Maret 2011

[Diary] Jangan menangis ! Jangan menyerah ! & Buang rasa egois kita !

Kayaknya telat ya nulis beginian, di website, blog, FB, & di mana mana udah pada nulis dg topik paling gk ya gk beda beda jauh. Tapi ya paling gk walau telat yg penting ada deh, walau blog ini jarang pengunjungnya gk masalah, anggap saja ini sedikit rasa respectku selama ini. hehehehe

2 Minggu setelah bencana tsunami di jepang, sedikit demi sedikit jepang kembali bangkit, walau itu gara gara gempa & tsunami, maupun gara gara masalah reaktor nuklir, tapi kuyakin keadaan jepang makin kedepan pasti akan membaik, gk kayak berita di TV Swasta yg terlalu dibesar-besarkan (malahan pake acara ajang talk show & diskusi tapi ya tetep di lebay lebaykan). Kalau kata temanku sih "Jepang diterjang gempa & tsunami udah biasa, kejatuhan bom atom juga udah pernah ngerasain, baru bencana gini mah gk bakal jatuh gitu aja", sungguh kata kata yg logis.

Kemarin sempet iseng iseng mampir ke blog nya Aiko Kitahara, di diarynya dia nulis kata kata yg cukup bermakna dalam untuk gempa dan tsunami, inti dari tulisannya mengajak untuk bangkit & tidak putus asa, kira kira gini tulisannya setelah di translatein temennku (thanks to : Cerberus Pluton)


"Baca blog ini, aku jadi tahu bahwa kamu selamat...
Syukurlah...aku benar-benar bersyukur...

Gempa...

Manusia itu jika alam sudah mulai berkata lain, maka kita akan jadi kecil dan tidak ada apa-apanya...

Eksistensi, kehidupan, orang-orang yang dicintai, hanya dalam moment yang sekejap mata akan hilang begitu saja.
Sampai sekarangpun orang masih berbondong-bondong menyelamatkan satu sama lain.
Nggak hanya itu, tapi juga makanan, minuman, pakaian, tempat untuk berteduh, tetangga, dan juga orang-orang penting...
Juga kenangan indah, percakapan yang hangat, senyum yang diikuti degup jantung

Suara tangis, suara rintihan minta tolong, dan mungkin juga suara korban, derai tangis air mata yang mengalir dari hati...
Sekarang, sampai sekarangpun hal-hal itu masih terdengar...
Apa yang sebenarnya terjadi pada kita?
Apa yang sebenarnya terjadi?

Walaupun sebenarnya yang menangis itu bukan kita...
Yang menangis orang-orang itu, para korban,
Orang-orang yang kehilangan orang yang dicintainya,
Ayo jangan menangis...
Yang menangis bukan kita...

Kita tidak sendirian saat ini, berjuang untuk tetap bertahan menghadapi cobaan berat ini, meneguhkan hati dan perasaan agar semuanya bisa menjadi kuat,
Apapun yang terjadi, hingga membuat kita bertanya kita harus bagaimana dalam menghadapi hal yang membuat kita terpukul ini,
Sekalipun sebuah benang putus, dan entah kapan itu terputus, tapi satu hal yang pasti: kita harus bisa mengalahkan perasaan putus asa, dan juga rasa menyerah ini...
Karena dari situ akan dimulai hari-hari panjang...
Apa yang sebenarnya terjadi pada kita?
Apa yang sebenarnya terjadi?

Kemunduran akan kepedulian terhadap sesuatu, apa yang sebenarnya terjadi?
Mencoba sedemikian rupa untuk menyeka air mata, karena banyak korban yang tidak tertolong...
Walaupun mata ini mencoba untuk menghindar dari kenyataan, namun tidak ada yang berubah sedikitpun...
Melihat kenyataan seperti itu, ayo kita teguhkan semangat di hati kita...
Pasti ada keajaiban jika menolong para korban yang berhasil selamat...

Yang ingin menangis bukan kita,
Saling menyeka air mata dan bersatu dalam perbedaan,
Demi melindungi orang-orang, demi melindungi orang-orang yang dicintai, demi menjaga kehidupan, dan demi melindungi negeri ini...

Kamu hidup...
akupun juga hidup...
dan menunggu apa yang akan terjadi pada kita...

Ayo kita berdoa untuk para korban agar mereka mendapatkan tempat layak di sisi-Nya, berdoa untuk korban selamat, untuk para keluarganya, untuk jiwa kita yang terkena guncangan gempa, ayo berdoa dari hati...
Dan tidak lupa kita juga berdoa secara continue untuk perbaikan bencana ini (maksudnya rekonstruksi dan rekonsiliasi)"


Entah dia dapet ilham dari mana bisa nulis kata kata kayak gitu, tapi yg pasti bukan hanya korban yg merasakan luka, tapi yg bukan korbanpun merasakan luka melihat saudaranya tertimpa bencana, kehilangan orang yg dicintai, kehilangan rumah dan harta benda, dan lain lainnya deh.

Mungkin selama ini kita yg egois, yg gk mau peduli, dan yg acuh tak acuh, gk sadar bahwa manusia ini kecil di dunia ini, sekuat apapun manusia gk ada yg bisa hidup seorang diri, setiap manusia pasti butuh orang disekitarnya, dan hal itulah yg dapat memunculkan kebersamaan, jalinan kasih sayang, dan sifat peduli,toleransi juga simpati terhadap sesama.

Saya selaku yg menulis artikel ini sering juga gk sadar sudah egois, dari hal yg kecil saja sering apalagi hal hal yg besar, tapi kalau dipikir ke egoisan itu untuk apa ya? apa untuk memuaskan diri sendiri? apakah hanya itu?. Banyak orang yg benci orang egois, tapi banyak juga yg gk sadar kalau dirinya sendiri itu egois, mari kita koreksi diri kita (lho kok ini rada ngawur ya).

Kemarin juga sempet baca artikel di website suatu media massa, disana ada hasil wawancara dg WNI yg mengungsi di jepang, si WNI ini bercerita tentang rasa kebersamaan dan simpati warga jepang & dia salut (saya jug ikut salut), di tengah keadaan yg seperti itu mereka semua seolah membuang rasa egois mereka, mengubahnya menjadi rasa kebersamaan, berbagi susah & senang bersama, walau di hati meraka kuyakin masih ada luka karena mungkin keluarganya yg hilang, tapi entah kenapa rasa simpati dan kebersamaan seolah memberikan semangat untuk tidak putus asa.

Jadi inilah yg harusnya kita jadikan bahan intropeksi kita, gk yg muda maupun tua.

Ya mungkin segitu aja deh tulisan kali ini, walau kesannya kemana mana arah tulisannya, tapi intinya saya hanya mencoba membuang sedikit ke egoisan saya lewat artikel ini, mungkin sepintas gk berarti apa apa, tapi saya menulis ini dalam keadaan sadar, sambil intropeksi juga.

Akhir kata mari kita doakan saudara kita yg tertimpa bencana bukan hanya di jepang, saudara kita yg sedang menghadapi situasi genting seperti di palestina, timur tengah, dan saudara kita dimana pun yg ada di dunia ini juga mari kita doakan agar mereka agar menjadi lebih baik dan tidak putus asa kedepannya. Amin Ya robbalalamin.


2 komentar:

  1. minta alamat blog pribadinya aiko kitahara donk, gw pengen tau, gw nih fans beratnya doi

    BalasHapus
  2. sory telat bales, jarang buka Blog sih saya. XD

    ini alamat blog Official aiko hime: http://blog.livedoor.jp/happy_kitahara

    nah salam kenal ya sesama fans Aiko Kitahara, walaupun akhir2 ini aiko dah hampir gk eksis di dunia music japan, tapi ya berdoa aja dia balik lagi nyanyi. hehehehehehe

    BalasHapus