STOP SOPA !

Jumat, 11 Desember 2009

Vistlip - THEATER [ 09.12.2009 ]

Satu lagi band inide Visual-kei yang karya mendapatkan perhatian dengan cepat dan selalu di tunggu-tunggu, mereka adalah Vistlip. Setelah melemparkan singel yang berjudul -OZONE- yang salah satu lagunya dipercaya untuk mengisi Ost Anime Yu-Gi-Oh terbaru ( aku lupa judul lengkapnya), mereka kini merilis album pertamanya yang diberi judul THEATER yang dirilis pada tanggal 9 Desember kemarin.

Oke, mari kita mengenal Vistlip secara singkat. Vistlip terbentuk pada tahun 2007, para personil Vistlip terdiri dari Tomo (vokal), Yuh (gitar), Umi (gitar), Rui (bass), dan yang terakhir Tohya (drum). Warna musik yang mereka mainkan bisa dikategorikan Neo Visual-kei, suatu Subgenre Visual-kei yang belum lama ini populer & memainkan musik yang bisa dibilang cukup berfariasi, karena kerap menggabungkan warna musik Visual-rock dengan genre musik lain. Vistlip sendiri saat ini masuk kedalam lebel Marvelous Entertaiment Inc.

Album yang berjudul THEATER ini terdiri dari 2 Type, yaitu Vister & Lipper. di jual dengan harga Type Vister3600 Yen disertakan DVD Pv Theatre Of Envy, Sedangkan Type Lipper dijual dengan harga 3000 Yen tetapi hanya berisikan CD saja. Jika kalian ingin membelinya, kalian dapat memesannya di CD Japan


Oke, saatnya masuk ke lagu Pertama yang berjudul scene:RAM [01:40]. Track ini hanya berupa Instrumen saja, tetapi kental sekali dengan tema Cybre kira-kira (entah kalian mengerti atau tidak), yups track yang bagus untuk membuka album kali ini.

Lagu kedua berjudul Theater Of Eny [04:01] yang merupakan lagu andalan di Album ini. Hemmm, Intro lagu sepertinya tidak jaug berbeda dengan lagu diatas, tetapi masuk ke detik [00: 33], hentakan musik rock langsung memasuki lagu, tempo lagu kadang slow kadang menjadi nge-beat, & dengan reff lagu yang ringan dan asik di dengar, membuat lagu ini memang pantas dijadikan ujung tombak kali ini. Oya msuk ke detik [02:12] - [02:28] merupakan momen yang asik bagiku, yeah vistlip, kalian berhasil menciptakan salah satu karya terbaik kalian, Nice song !

Lagu selanjutnya adalah lagu yang kutunggu-tunggu, Dead Cherry [04:11]. Entah kalian tahu atau tidak, lagu ini sebelumnya pernah dirilis lho, tapi langsung dirilis lewat Internet, dan panjang lagu tidak sepanjang sekarang, seperti Vistlip memang sudah menyiapkan lagu ini untuk gebrakan selanjutnya. Oke, dari segi musik lagunya bisa dikatakan rock yang di selingi dengan nada-nada chaty, dentuman drum Tohya terdengar bertenaga sehingga membuat aku sidikit menganggukan kepala (bukan Headbang). Entahlah apalagi yang bisa aku ceritakan untuk lagu ini, yang pasti lagunya lumayan asik.

Lagu ke empat berjudul 星屑、ボクと君へ。[05:01]. Kali ini Vistlip memanjakan pendengar dengan lagu yang chaty dan sedikit ballad diikuti dengan musik rock yang ringan, suasana lagu bisa dikatakan terang, sepertinya Tomo tahu saat-saat yang tepat untuk mengeluarkan falset suaranya sehingga lagu ini pantas untuk di dengarkan secara seksama & sepertinya Tomo juga begitu menghayatinya. Nice song

Di lagu kelima, setiap Type album mempunya lagu yang berbeda, kita mulai dari Type Vister dengan lagu yang berjudul Oblate Screem [05:58]. Lagi-lagi melody yang cute mengisi intro lagu, owh hanya baru menit ke [01:33] aku sudah jatuh cinta dengan lagu yg indah ini, suara lembut Tomo ditambah nada-nada chaty membuat lagu bertempo slow ini benar-benar kufaforitan, belum lagi petikan gitar klasik dari Yuh dan Umi yang memanjakan telinga, permainan drum toyha yang berkesan simpel tapi sangat pas dengan lagu serta permainan bass rui yang menambah kesah pada lagu ini, sepertinya lagu ini akan sering kudengar di esok hari. Sedangkan pada Type Lipper lagu berjudul Classic Opera [04:51]. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Oblate Screem, lagu yang termasuk slow ini sedikit nge rock dari kembarannya di Type Vister, tapi sisi lebihnya dari lagu ini ada pada menit ke [03:10] - [03:25], disini kalian bisa mendengarkan falset Tomo yang merdu, mungkin itu kelebihannya.

Masuk ke lagu ke enam, kita diajak kembali ke singel ke tiga Vistlip, tentu saja lagu ini berjudul Alo[n]e [05:15]. Dari judulnya saja sudah bisa ditebak bahwa suasana lagunya gelap dan sunyi, yach mungkin seperti itu lah gambarannya, temponya agak slow dengan, aransemen musiknya bisa dibilang pas, memang pantas menyandang Title untuk singel ke-3 vistlip, oya lagu ini kuyakin mengalami proses rekaman ulang, simak saja perbedaan di akhir lagu antara versi singel dan versi albumnya.

Oke, setelah dimanjakan dengan lagu yang terbilang chaty dan kurang nge-rock, di lagu ke tujuh ini saatnya mendengarkan lagu berjudul Lion Hearth [04:37]. wow, baru mulai saja langsung dihentakan dengan musik yang berat dan pemanis dari programer yang membuatku sekilas ingat terhadap Girugamesh. Seperti biasa dengan gaya nge rap Tomo yang lumayan, dan dengan aksi gitar dari Yuh membuat aku begitu menikmati lagu ini. Yeah salah satu lagu terbaik di album ini.

Lagu selanjutnya berjudul Drop Note [04:51]. Lagu yang sudah pernah dirilis alam bentuk singel ini sepertinya mengalami proses rekaman ulang, terdapat perbedaan pada intro lagu. Secara keseluruhan lagunya bisa dikatakan asik, tapi sepertinya biasa-biasa saja jika dibandingkan lagu sebelumnya. Not Special.

Lagu kesembilan lagi-lagi terbagi menjadi 2 lagu yang berbeda seperti pada Track 5. Di Type Vister judul lagu adalah Five Barkin Animals[03:34] yang ngerock dan seperti Neo Visual-kei pada umumnya tetap mengandalkan nge rap, musik-musik elektro dan dengan aransemen tambahan layaknya sang DJ kok biasa-biasa saja menurut aku, alur lagu sedikit bising dengan alur sedikit acak-acakan, kadang slow, langsung tiba-tiba nge beat, Telingaku kurang bisa menyukai lagu ini. Di Type Lipper terdapat lagu berjudul ukiyo graffiti [04:42] yang paling tidak lebih kusukai, lagunya ngerock tapi tetap berkesan dan membuatku betah kok, apalagi lagunya termasuk ringan untuk di dengar, dan aksi yuh dan Umi sepertinya semakin bagus saja.

Untuk Type Vister pada lagu ke sepuluh diberi judul Beautiful Chainsaw [03:39]. Wow, i love this song, awal lagu sudah disambut scream dari Tomo yang menandakan lagunya akan cadas, bisa di buat untuk Headbang ria, benar-benar kickass lagunya, sound-sound yang berat mengisi setiap detik lagu, dipertengahan ada sedikit jeda tapi tidak menjadi masalah, momen-momen yang paling kususka terdapat pada akhir lagu. Sedangkan pada type Lipper lagu berjudul rei (zero) [03:24]. Entah aku katehorikan lagu apa ini, sedikit membingungkan dan kurang asik lagunya buat aku, walau reffnya easy listening tapi musiknya kurasa kurang cocok dengan lagunya.

Selanjutnya saatnya lagu berjudul Sara [04:57] yang merupakan lagu pertama vistlipku. Lagunya nge rock tetapi tetap menghadirkan nada-nada yang chaty, mungkin inilah yang menyebabkan aku menyukai Vistlip, mungkin itu saja yang bisa aku ungkapkan, yang pasti secara garis besar lagunya lumayan asik.

音のカケラ [05:22] menjadi lagu selanjutnya. Lagu ini mungkin sedikit mengingatkan dengan suasana lagu Vistlip yang berjudul Moon Life Snow Rabbit. Owh, aku jatuh cinta dengan lagu yang indah dan manis ini, memanjakan sitiap pendengar, walaupun itu pendengar musik pop sekalipun, yups, sepertinya Vistlip mulai mahir menciptakan lagu ballad yang chaty. Nice job vistlip.

-OZONE- [04:39] menjadi lagu selanjutnya. bagi yang mengikuti Vistlip, pastinya tahu lagu ini, lagu chaty dan easy listening ini dipercaya untuk mengisi ost anime Yu-Gi-Oh terbaru, memang sesuatu yang pantas diabanggakan, dan lagu ini merupakan salah satu kebanggaan Vistlip, bahkan temanku mulai menyukai vistlip lewat lagu ini. Lewat lagu ini Vistlip bisa dikatakan berhasil menciptakan lagu khas ost anime yang chaty tanpa menghilangkan ciri khas mereka.

scene:KISS [02:34] merupakan track instrumental yang menjadi penutup album ini, dan hampir sama dengan pembukaannya, nada-nada lagu ini chaty dan bernuansa Cybre (hahaha, lagi-lagi kluar ungkapanku lagi), Nice Ending.

Akhirnya, selesai juga me review Album Vistlip kali ini yang bertotal 17 lagu, memang melelahkan, tapi hasrta untuk mengungkapkannya lewat ketikan sepertinya menghiraukan rasa lelahku. Kasimpulannya, Album ini sangat aku rekomendasikan, hampir semua lagu ku kategorikan bagus. Rilisan terbaik bulan ini menurut aku.

Oya, berhubung aku hanya mendapat lagu ini dengan mendownload, apa salahnya jika teman-teman yang kelebihan uang jajan beli CD yang originalnya, disamping ikut mendukung Vistlip, kalian juga akan puas melihat Cover dalam CD yang masih misterius, hahahaha, dan juga jika membeli yang Type Vister, jangan lupa Upload pv nya untuk teman-teman lain yang suadah menunggu-nunggu pv nya (termasuk aku). XDDDDDDDD


Review By: H-PEACE SilentChronicle

Rating: Grade S (sangat Direkomendasikan)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar