STOP SOPA !

Sabtu, 01 Agustus 2009

MEZE - JAIL~Shibarareta Satsui~



HELL YEAH! Penantianku akan rilisan debut dari MEZE terjawab sudah! Tanggal 15 Juli 2009 kemarin, single yang menjadi rilisan debut dari MEZE, yakni JAIL~Shibarareta Satsui~ secara resmi dilempar ke pasaran dengan harga 1575 yen. Pastinya single ini dicetak dalam cetakan terbatas. MEZE, merupakan salah satu dari band indie Visual-kei yang relatif masih baru. Namun entah kenapa, begitu merilis coupling single pupa bareng HEARTLESS, dan juga di situ MEZE melampirkan lagu berjudul Deep fascination [nice song!], aku langsung jatuh cinta terhadap band ini! Yup, warna musik yang ditawarkan oleh MEZE sudah lama tidak aku temui di dunia musik maupun industri Visual-kei. Penasaran?

Sekilas profile dari MEZE. Band ini dibentuk sejak tahun 2007 lalu. Namun baru merilis sebuah coupling single pada bulan Desember 2008 kemarin. Dan akhirnya rilisan full mereka bisa ditemui tanggal 15 Juli 2009 kemarin, single yang saat ini sedang aku review. MEZE merupakan salah satu dari sekian band yang berasal dari kota Nagoya. Wow, tentunya dengan menyimak kata Nagoya saja sudah bisa membuat telinga siapapun langsung naik saking sensitif-nya. Haha! MEZE terdiri atas lima orang personil. Mereka adalah Remi sebagai vokalis, Shinku pada posisi gitar, Haku juga sebagai gitaris, Tetsu memegang alat bass dan terakhir Makoto yang tentu saja menggawangi posisi drum. Warna musik yang mereka mainkan bisa dikatakan rock. Namun selalu kental dengan nuansa heavy-sound ala metal dengan dibaluti tema-tema gelap/suram. Sang vokalis, Remi, well, memiliki vokal yang top notch abis! Growl-nya mantap! Satu lagi vokalis yang layak untuk diidolakan!



Alright, kita sekarang menuju ke singlenya. Di dalamnya berisikan tiga buah lagu. Langsung saja aku mulai dengan track pembuka, track unggulan, yakni JAIL [04:56]. Great song! I love it! The intro is very nice! Dibuka dengan SE yang menggambarkan sebuah kegelapan, yang kemudian langsung dibalas dengan hentakan musik yang super cepat [double pedal, wild drum] dan aggressive [kocokan gitar yang cepat sekaligus semi-berat] yang seperti mengajak pendengar untuk bergila-gila-an! Verse-nya mantap! Terlebih di bagian keduanya. Remi beraksi dengan death-whispering yang disambung dengan growl. Aku suka bagian dengan verse yang bisa disimak pada durasi 01:25 s/d 01:40. Chorus-nya diisi dengan melodic-chorus dari vokal Remi. Membuktikan bahwa dirinya bisa bernyanyi dengan normal-voice. Not bad sih. Cuman satu saja kekurangan dari normal-voice-nya Remi ini, sepertinya dia tidak bisa mencapai nada tinggi. Momen menarik dari lagu ini juga datang dari aksi solo gitarnya. Mulai dari twin solo sampai dengan taping-nya. MANTAP!

Track berikutnya, Kei [04:25]. Juga sebuah lagu yang sangat sayang untuk dilewatkan! Solo melodi gitar yang dimainkan pada intro terdengar begitu catchy. Nice! Riff-riff gitar di lagu ini lebih banyak dan mendominasi verse-verse lagu. Driving bass Tetsu bermain nge-groove, yang match dengan performa vokal Remi di bagian verse maupun pre-chorusnya. Dan tentu saja, Remi masih mengandalkan aksi lagi dari vokal-nya, yaitu harsh-vocal dan little-screaming-nya. Chorusnya terdengar standar ala chorus aliran visual-rock seperti biasanya. Petikan-petikan string melodi di alunan lagu juga cukup memberikan sentuhan nuansa suram itu sendiri. Tapi, sekali lagi, catchy! Oh iya, nice ending there....!!!

Selanjutnya giliran lagu terakhir yang bisa disimak dalam single ini, yakni Rough rain [05:34]. Well, justru lagu ini lah yang menjadi LAGU FAVORITEKU dari ketiga buah lagu yang ada! Lagunya benar-benar cadas. Memainkan serta memancing mood pendengar. Dimulai dari alunan pelan yang penuh dengan nuansa gelap suram di awal lagu sambil diiringi oleh vokal Remi yang terdengar seperti suara setan. Sound-sound ala SE maupun sampling, turut mempertajam nuansa tersebut di verse-verse awalnya. Memasuki verse bagian kedua, musik sedikit terasa "bright", namun tetap berat dengan mengandalkan riff-riff gitar yang dibawakan oleh Shinku dan Haku. Dan jangan kaget pada akhirnya lagu yang awalnya pelan ini tiba-tiba berubah menjadi cepat dengan aksi tabuhan drum yang cepat serta blasting-double pedal ala death metal. Great job, Makoto! KICK ASS! HEAD-BANGING RULES!

Yosh, I really like and enjoy this single! Ketiga buah lagu di dalamnya aku suka semua, terlebih Rough rain. Bagiku ini sudah merupakan rilisan debut yang sangat menarik! Dan sepertinya, mulai detik ini juga nama MEZE aku masukkan ke dalam list band-band indie Visual-kei ter-favoriteku! Menarik untuk dipantau aksi dan perkembangan karir dari MEZE ini!

That't it, semoga berkenan....

Review By: SPAWN'S SANCTUARY

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar