STOP SOPA !

Sabtu, 01 Agustus 2009

HEARTLESS - MASQUERADE


Setelah merilis split-single pupa bersama MEZE di akhir tahun 2008 lalu, pada bulan Maret 2009 kemarin, tepatnya tanggal 18, HEARTLESS merilis debut singlenya yang diberi tajuk MASQUERADE. Dalam single ini, terdapat tiga buah lagu baru. Masing-masing judulnya adalah MASQUERADE, byakuren dan Endless Sorrrow. Biarpun tergolong band baru, nama HEARTLESS memang sudah mulai dilirik oleh sebagian fans berat industri musik indie Visual-kei. Hal itu memang bisa dibuktikan melalui debut single-nya yang menurutku cukup oke lah untuk disimak.

Berikut profile singkat dari HEARTLESS. Band ini terbentuk pada bulan Agustus 2008. Jika tidak salah, band ini juga berasal dari kota Nagoya. Well, ditunggu konfirmasinya. HEARTLESS terdiri atas lima orang personil. Mereka adalah Shuu pada posisi vokal, Rouga sebagai gitaris, Airu juga sebagai pemain gitar, Yuuri memegang alat bass dan terakhir Garuku yang tentunya sebagai pemain drum-nya. Warna musik yang mereka mainkan adalah rock. Selalu menampilkan permainan-permainan instrumen yang catchy dan penuh akan melodi. Sang lead gitaris, Rouga, ternyata oke juga dengan aksinya memainkan solo gitar.



Okay, langsung saja aku mulai reviewnya dengan langsung mendatangi track pertama, title track, yaitu MASQUERADE [04:03]. Intro-nya mantap! Asyik dengan kocokan riff-riff gitar dari duo gitaris yang bisa memancing mood dan rasa ingin menyaksikan lagu ini untuk seterusnya. Verse-nya standar, tapi pre-chorus-nya loveable. Begitu pula chorusnya, nice. Shuu memang memiliki performa vokal yang boleh juga. Terasa lembut untuk didengar dan terasa khas ketika mencapai ambilan nada tinggi. Jangan sampai kelewatan menyimak interlude pertengahan lagu yang manis itu. Good song, catchy song!

Selesai MASQUERADE disusul berikutnya dengan lagu byakuren [04:53]. Lagu ini juga sama menarik dan catchy-nya seperti lagu di atas tadi. Hanya di sini musiknya terasa sedikit lebih berat [melalui riff-riff gitar-nya, good job, Rouga & Airu!], suram dan disertai dengan iringan ornamen tambahan [keyboard] yang menciptakan suara-suara ala orchestral. Menyimak bagian chorusnya, vokal Shuu entah kenapa mengingatkan aku akan vokalisnya MATENROU OPERA, yakni Sono. Haha. But, great chorus there. Love it! Sang drumer, Garuku, beraksi dengan atraktif dan sedikit variatif. Momen menarik bisa disimak mulai durasi ke 03:08 s/d 03:43.

Kita beralih pada lagu selanjutnya, lagu terakhir, judulnya adalah Endless Sorrow [04:24]. Lagu yang juga cukup oke. Kali ini memainkan musik yang lebih aggressive melalui kocokan gitar yang menghentak-hentak [serasa Break Down-nya girugamesh deh], driving bass yang groove sampai dengan aksi drum yang mulai berani menampilkan permainan double-pedal-nya secara terus-terusan. Verse, pre-chorus sampai dengan chorus-nya cukup manis untuk disimak. Di pertengahan lagu, musik tiba-tiba terasa lebih slow dan santai dengan aksi solo string-gitar yang nge-jazzy. Good one!

Yosh, menurutku ini sebuah single yang bagus. Dan juga layak untuk disimak. Just try it! Dari ketiga buah lagu yang telah aku dengar, kelihatan sekali jika HEARTLESS memang cukup serius untuk menampilkan karya-karya terbaiknya dan tentunya juga serius di dalam karir musik mereka. Band ini masih berumur muda. Masih banyak rilisan-rilisan yang perlu kita tunggu untuk membuktikan apakah mereka bisa terlihat semakin bagus/matang atau tidak. Biar waktulah yang menjawabnya.

Sekedar tambahan informasi, pada tanggal 09 September 2009 nanti HEARTLESS akan merilis single keduanya yang sudah resmi diberi judul Unlimited World. Single ini akan berisikan dua buah lagu dan sebuah PV dari lagu MASQUERADE.

Review By: SPAWN'S SANCTUARY

Download: HERE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar