STOP SOPA !

Jumat, 31 Juli 2009

Megaromania - Deus, Holy, Evil.




Tanggal 15 Juli 2009 kemarin, UNDER CODE PRODUCTION selain memproduksi mini albumnya chariots yang berjudul Ima, Kaerimiru Kiseki -Yuigadokuson Kanzen Ban-, juga memproduksi rilisan terbaru dari Megaromania, yakni berupa single yang tidak hanya satu atau dua, melainkan tiga buah sekaligus. Yaitu evil, holy dan deus. Masing-masing single berisikan dua buah lagu. Perilisan tiga buah single ini sekaligus merayakan anniversary satu tahun sudah Megaromania aktif di belantika musik indie Visual-kei. Dalam debutnya tahun 2008 kemarin, Megaromania juga langsung merilis tiga buah single. Masih ingat dengan ketiga buah single tersebut? Yup, benar. Single-single tersebut adalah Angelical Jewelry, bishuu no kajitsu dan God of Megaromania ~junketsu no kokuin~. Walaupun umur band ini baru setahun, namun sudah banyak sekali rilisan yang mereka telurkan. Ada mini album Birth of an [Idea], single Transparent Shine dan paling terbaru single yang dirilis bulan April 2009 kemarin, yakni APOCALYPSE. Sangat produktif, memang!

Sebelumnya, sekilas profile dari Megaromania. Band yang memperkenalkan diri secara resmi sejak bulan April 2008 ini di dalamnya terdiri atas lima orang personil. Mereka adalah Sui [eks waza, eks Ghostphobia, eks Metis Gretel] pada posisi vokal, Misery [eks Lu:Diace, eks Risk un logic, eks Metis Gretel] sebagai gitaris, Chikage [eks Blanc Nero, eks Lucy, eks ageha, eks harienju, eks STELLA] juga sebagai pemain gitar, Hyoga [eks homura] yang memegang alat bass dan terakhir Leda [eks Blank Nero, eks hannya] yang tentu saja menggawangi posisi drum. Warna musik yang mereka mainkan bisa dikatakan sebagai rock yang kental dengan genre "Kotekote Visual-kei" alias "Old-school Visual-kei". Sebuah genre yang sama persis dengan band Metis Gretel, misaruka, dll. Demikan pula Phantasmagoria [walaupun tidak kental-kental amat sih]. Megaromania berada di bawah perusahaan miliknya KISAKI, UNDER CODE PRODUCTION. Sebuah label yang juga membawahi band-band Visual-kei lainnya seperti Nega, ClearVeil, chariots, E'm ~grief~, dan masih ada beberapa lagi.
____________________________________________________________________

DEUS



Okay, sebuah lagu pertama, Fragrance Tales [05:33]. Lagu yang rada aggressive/kencang dengan kembali memainkan aransemen yang sulit dicerna. Blasting-double pedal, so much solo, dan terdapat jeda-jeda yang membuat seakan-akan lagu terputus. Padahal nantinya berujung pada satu muara. Well, no more comment from me. I don't like this. Jika aku menemukan track ini di dalam playlistku, dengan terpaksa track ini akan aku SKIP.

Berikutnya, giliran lagu yang judulnya sama dengan judul single itu sendiri, Deus [04:16]. Nah, kalo lagu ini memang bisa menarik perhatianku secara keseluruhan. Intro-nya asyik, mengingatkan aku dengan lagu-lagu-nya Onmyo-za. Verse awal terasa biasa. Tapi pada verse bagian keduanya, oke juga tuh. Terasa berat dengan permainan riff-riff gitar yang ada di situ plus vokal Sui [with Engrish?] yang oke banget. Bisa disimak pada durasi ke 00:42 s/d 01:03.
____________________________________________________________________

HOLY


Alright, aku mulai dengan track pertama dari single ini, yaitu Rain fall in Solitude [06:12]. Ini merupakan sebuah lagu ballad. Nuansa Kote-kei-nya nyaris tidak terlihat sama sekali. Justru pada bagian chorus-nya, sekilas mengingatkan aku dengan lagu-lagu ballad milik-nya GLAY. Haha. Lagu ini memiliki instrumen yang sungguh kaya. Mulai dari akustikan, orchestral-sound, biola, dll. Sudah bisa dikatakan epic-ballad. Sui, sang vokalis, sepanjang durasi lagu tampil dengan vokal-nya yang makin lama didengar semakin terasa hidup. Atmosfir-nya terasa sekali. Ibarat menyaksikan secara live. And, nice solo, Misery!

Next song is Seigen no Koku -Holy Calling- [05:58]. Sepertinya single holy ini memang dikhususkan untuk lagu-lagu yang beriramakan pelan. Yup, lagu ini juga hampir sama seperti lagu sebelumnya, nge-ballad. Hanya di sini lebih terasa power-nya. Bisa disimak pada permainan berat gitar-nya yang ear-catchy itu. Diperkaya dengan instrumen tambahan seperti piano dan keyboard, membuat lagu ini selain power-ballad juga khas dengan nuansa misteri/suram yang cukup pekat. Good song, I like it!
____________________________________________________________________

EVIL

Okay, langsung saja ya. Single evil ini dibuka dengan sebuah lagu yang berjudul Gate of the Prophet [04:34]. Lagu yang memang murni Kote-kei! Aransemen dan komposisi yang sulit dan berat. Tempo lagu terkadang cepat, namun melambat dan tiba-tiba kembali menjadi kencang kembali. Kocokan gitar serasa menderu-deru dengan ketukan drum yang cepat, terlebih double pedal-nya. Buat yang baru mengenal Kote-kei, dijamin susah menangkap. Hehe. Gate of the Prophet tidak terlalu menyita perhatianku. Terlalu standar. Coba kek bagian beratnya lebih diperbanyak sedikit. Tapi solo gitar yang dibawakan oleh Misery, seperti biasanya, top abis!

Berikutnya adalah lagu Chronic Puppet [04:16]. Nah ini dia, lagu yang nuansa berat-nya relatif lebih terasa dibandingkan lagu sebelumnya tadi. Verse-nya oke, apalagi dengan riff-riff gitar yang menghentak. Nuansa lagu tambah sedikit suram dengan aksi harsh-vocal dan little-scream-nya Sui. Chorusnya tumben amat nih terlihat catchy gitu. Interlude yang dimulai sejak durasi 02:14 s/d 02:33 enak banget tuh.
____________________________________________________________________

Semoga Berkenan

Review By : SPAWN'S SANCTUARY

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar