STOP SOPA !

Minggu, 28 Juni 2009

Versailles - ASCENDEAD MASTER



Yup, ini lah dia single yang sangat dinanti-nantikan oleh semua orang di dunia, sebuah single dari sebuah band maestro bernama Versailles. Judul single tersebut adalah ASCENDEAD MASTER. Jujur, ini sebuah sebuah judul yang luar biasa keren-nya. Mungkin, kata ASCENDEAD diambil dari dua buah kata "ascend" dan "dead". Ascend to the death? Mendaki ke kematian? Single ini juga terasa spesial sebab ini merupakan single debut mayor dari Versailles. Yup, seperti yang kita ketahui di bulan Desember tahun 2008 kemarin KAMIJO secara resmi mengumumkan bahwa mulai Juni 2009 Versailles resmi menjadi band mayor setelah digaet oleh perusahaan besar, yakni WARNER MUSIC JAPAN. Wow, tentunya ini sebuah kabar yang bagus. Kenapa? Sebab di Indonesia juga ada WARNER MUSIC INDONESIA. Jadi, apabila Versailles merilis sebuah album misalnya, secara teori tidak ada halangan yang berarti agar segala rilisan yang dilempar oleh Versailles sangat BISA SAMPAI/MASUK ke Indonesia. Kita harapkan begitu! Album-album-nya L'Arc~en~Ciel [melalui SONY MUSIC] dan MUCC [melalui UNIVERSAL MUSIC] aja bisa masuk ke Indonesia, mengapa Versailles tidak? Dan pada awal triwulan 2009 kemarin Versailles mengadakan konser last indie-nya yang diberi tajuk THE FRAGMENT COLLECTORS. Tanggal 20 Mei 2009 kemarin juga Versailles merilis dua buah DVD yang secara luar biasa mendapatkan antusias penuh dari penggemarnya. Apalagi kalo bukan DVD konser mereka, yaitu CHATEAU DE VERSAILLES dan HISTORY OF THE OTHER SIDE yang berisikan kumpulan band history, live-video, PV, interview, footage, dll.

Single ASCENDEAD MASTER sendiri di rilis dalam empat bentuk varian atau tipe. Yaitu REGULER EDITION, TYPE A, TYPE B dan TYPE C. Versailles sepertinya mengerti benar bagaimana caranya memperoleh uang banyak sekalian membuat bangkrut fans yang memberi single ini. Untuk melengkapi semua varian yang ada, mungkin dibutuhkan kocek kurang lebih 50 US Dollar. Alamak! Untuk REGULER EDITION di dalamnya terdiri atas tiga buah lagu dengan perincian: the song title [ASCENDEAD MASTER], b-side song [Gekkakou] plus satu buah lagu soundtrack [DESCENDANT OF THE ROSE]. Untuk TYPE A, TYPE B dan TYPE C masing-masing hanya berisikan dua buah lagu saja. The song title dan juga sebuah track soundtrack. HALLAWAY untuk TYPE A, PILGRIM untuk TYPE B dan COVENANT untuk TYPE C. Dan kelebihan dari masing-masing type adalah di dalamnya disertakan sebuah DVD yang isinya berupa sebuah short-movie. Maksudnya, DVD dari TYPE A, TYPE B dan TYPE C apabila digabung akan menjadi sebuah short-movie dengan durasi 15-menitan. Merasa pusing dengan penjelasanku di atas? Semoga tidak.

Setelah mendengar single ASCENDEAD MASTER yang versi REGULER EDITION, well, seperti biasanya, Versailles menampilkan karya megah lainnya. Sang vokalis, KAMIJO, semenjak single PRINCE & PRINCESS mengalami peningkatan cara bernyanyi yang sangat baik dan terlihat signifikan. Good job! HIZAKI dan TERU, juga turut berperan dengan permainan gitarnya yang makin hari makin bertaji saja, khususnya HIZAKI. Sayang TERU sudah mulai jarang bermain dengan riff-riff metal yang menjadi kebiasaannya seperti saat masih berada di dalam band Aikaryu. Sedangkan buat Jasmine You dan YUKI, juga tidak kalah mempesona-nya.

Sekilas profile dari Versailles. Band yang terbentuk tahun 2007 ini di dalamnya berisikan lima orang personil yang kejeniusan dan skill dari individu-nya masing-masing tidak perlu diragukan lagi. Ke-lima orang ini memiliki selera musik yang sangat beraneka ragam. Namun justru di situlah hebatnya! Dari ke-aneka-ragam-an itu tadi, mereka mampu menyatukannya hingga menjadi satu kesatuan yang utuh dan kuat. Dan aku yakin, beberapa tahun ke depan dari sekarang belum ada band mana-pun yang sanggup mematahkan dominasi Versailles di kancah dunia musik indie Visual-kei. Kembali ke soal ke-anekaragam-an tadi, coba tengok KAMIJO [pentolan LAREINE, NEW SODMY, Node of Scherzo] yang memiliki kharisma vokal nan kuat. Begitu juga dengan HIZAKI [eks GARNET GRAVE, Crack brain, Schwardix Marvally, BURNING FIRE, SULFURIC ACID, HIZAKI grace project, Node of Scherzo], yang selalu memainkan musik khas Visual-kei yang cantik dan symphonic, dilengkapi dengan melodi-melodi yang tidak kalah indahnya. Bagaimana dengan TERU [eks Aikaryu, HIZAKI grace project]? Well, gitaris yang doyan musik kencang ala metal ini juga mampu memberikan sumbangan tebesar ke dalam tubuh Versailles hingga mampu menciptakan nuansa cadas di dalam sebagian besar lagu-lagunya Versailles. Jasmine You [eks HIZAKI grace project, Node of Scherzo] dan YUKI [eks Sugar Trip, alively sanctuary] juga tidak kalah pentingnya. Dua orang ini tetap menampilkan sebuah performance yang memukau dan tentunya memiliki tingkat kesulitan yang lumayan tinggi. Perpaduan dari kelima orang di atas tadi menghasilkan warna musik yang sangat unik, yaitu campuran antara melodic rock, metal, symphony yang ujung-ujungnya menjadi suatu genre yang lazim dikenal dengan symphonic-metal atau ada juga yang menyebutnya neoclassical-metal. Versailles biarpun berada dalam naungan label WARNER MUSIC JAPAN, secara manajemen masih berada di bawah SHEROW ARTIST SOCIETY miliknya KAMIJO. MATENROU OPERA-pun berada di dalam manajemen ini.


Wow, basa-basi-nya terlalu panjang yah? Oke deh. Kalau begitu langsung saja kita simak bersama single ASCENDEAD MASTER [yang versi REGULER EDITION] ini dengan menyimak sebuah lagu andalan, yang juga bakal menjadi heretic anthem-nya Versailles, apalagi kalo bukan ASCENDEAD MASTER [05:51]. Yeah, sebuah lagu yang benar-benar membuat pendengarnya merasakan multiple-orgasm! Dengan permainan khas symphonic-nya menjadikan musik dari lagu ini terkesan kolosal. Tanpa tanggung-tanggung, awal lagu langsung diisi dengan melodic-chorus lagu dimana bisa disimak tarikan vokal KAMIJO yang sebelumnya aku katakan semakin membagus itu. Riff-riff aggressive plus alunan melodi dari HIZAKI dan TERU masih terus saja membahana di tiap durasi lagu. YUKI tidak henti-hentinya beraksi secara cadas dengan ketukan-ketukan power-metal-drum-nya. Nice double-pedal and of course, ketukan-ketukannya yang variatif! Komposisi lagu cukup kaya, yang kadang nantinya terdapat jeda yang membuat lagu serasa berubah drastis baik itu secara aransemen maupun tempo. Momen menarik bisa didapat mulai durasi 02:38 s/d 03:45. Di mana diawali dengan aba-aba ketukan drum YUKI yang seakan-akan mempersilakan HIZAKI dan TERU untuk beraksi dengan aksi solo-melodi-gitar-nya. It's super totally KICKASS! Mengingatkan aku dengan solo gitar lagu THE REVENANT CHOIR yang fenomenal itu. Sudah ada yang nonton PV-nya? Walaupun aku hanya menonton versi YOUTUBE-nya saja tapi atmosfir dari PV tersebut mampu membuat bulu kuduk-ku merinding. FUCKING GREAT!

Berikutnya, giliran Gekkakou [04:42]. Wah wah wah, sudah lama aku tidak menyimak lagu secadas dan segarang ini dari Versailles. Lagu terakhir milik Versailles yang aku anggap cadas hanya lagu yang berjudul THE RED CARPET DAY saja. Setelah itu tidak ada yang bisa menandingi, selevel atau mungkin mengalahkan-nya. Dan kali ini kesempatan itu datang melalui lagi Gekkakou. Well, siapapun orangnya yang menciptakan lagu Gekkakou ini, hanya satu yang bisa aku lakukan: SEMBAH SUJUD! Yeah, mendengarkan lagu ini serasa ditimpa oleh berton-ton batu saking kencang dan aggressive-nya. The intro is great! Yang langsung diisi dengan instrumental-verse yang sanggup mengajak pendengar untuk asyik ber-head-banging-ria. KAMIJO menampilkan permainan suara dalam-nya yang operatic itu sambil diiriingi dengan harsh/scream backing-vocal di bagian pre-chorus-nya. Chorus-nya seperti biasa diisi dengan melodic-vocal KAMIJO. Permainan drum YUKI di lagu ini juga oke, terlebih menampilkan permainan cymbals yang atraktif. HIZAKI dan TERU tumben memakai special-efek yang seperti itu untuk aksi solo melodi gitar-nya. But, it's still kickass! Love this song too. Apalagi menyimak bagian penutup lagunya, yakni di durasi 03:53 s/d 04:42. Stay away from YUKI's anger!

Dan lagu berikutnya yang bisa dijumpai dalam ASCENDEAD MASTER versi REGULER EDITION yaitu DESCENDANT OF THE ROSE [01:48]. Bukan sebuah lagu spesial sih. Sebab ini hanya sebuah lagu soundtrack yang diisi dengan permainan instrumental megah layaknya sebuah film epic/kolosal.

Review ini masih belum lengkap. Sebab aku belum menyimak tiga buah lagu sisanya yang bisa didapat dari TYPE A, TYPE B dan TYPE C. Namun mengingat HALLAWAY, PILGRIM dan COVENANT juga merupakan sebuah lagu soundtrack, well rasanya tidak terlalu penting-penting amat lah. Hehe.

Okay, selesai sudah reviewnya. Secara keseluruhan, I reall love this single! Selain bertahan di dalam level terbagusnya, Versailles juga mampu memberikan suatu kelebihan tersendiri bagi single ini. Baik itu secara musikalitas bermusik, menciptakan lagu yang megah dan lain sebagainya. Rasanya perjalanan karir serta bermusik Versailles masih bisa kita nikmati untuk lima tahun ke depan.
 

Review By: SPΩWN'S SΩNCTUΩRY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar