STOP SOPA !

Jumat, 29 Mei 2009

VanessA - CHI[MA]IRA


Memang tidak bisa dipungkiri lagi: VanessA is the next UnsraW! Itu bisa dilihat dari segi musiknya. Rada hardcore. Vokalisnya juga, yakni Genki dan Yuki, memiliki tipe growl yang kurang lebih menyerupai. Sampai saat ini aku masih memegang prinsip bahwa growl yang dimiliki oleh Yuki merupakan salah satu vokalis dengan growl terbaik dalam dunia indie Visual-kei. Cuman sayangnya saat ini Yuki sedang dalam perawatan akan penyakitnya. Saking beratnya penyakit tersebut membuat UnsraW masih menghentikan aktivitasnya sampai dengan waktu yang tidak bisa ditentukan. Apabila ada yang mengatakan Yuki telah meninggal, FUCK, itu hanya gosip belaka! Get well soon, Yuki!

Lah, kok malah ngomongin UnsraW sih? Haha. Mungkin ini menandakan bahwa aku memang sudah kangen berat dengan band asuhan SPEEDDISK tersebut. Well, kembali ke topik. Pada tanggal 13 Mei 2009 kemarin VanessA merilis single terbarunya yang diberi judul CHI[MA]IRA. Ini merupakan rilisan kedua VanessA sepanjang tahun 2009 ini setelah sebelumnya di bulan Maret mereka melemparkan single bertajuk alive=terror. Single CHI[MA]IRA sendiri di dalamnya bisa ditemui tiga buah lagu. Di mana, setelah mendengarkan ketiga buah lagu tersebut, aku sangat menyukainya! Yeah, hardcore rules! Kickass!



Sekilas profile dari band ini. VanessA di dalamnya terdiri atas lima orang personil. Mereka adalah Genki [eks DIS] pada posisi vokal, Toki sebagai pemain gitar, Haruki juga pada posisi gitar, Nao memegang alat bass dan terakhir You yang tentunya menggawangi posisi drum. Berdasarkan wawancara majalah KOMA [vol. 6] dengan Genki, nama VanessA diambil dari sebuah kata bahasa Yunani yang berarti kupu-kupu. Jadi wajar saja jika lambang dari band ini selalu menonjolkan gambar kupu-kupu. Warna musik yang dimainkan oleh VanessA secara umum bisa dikatakan rock yang memang cukup kental dengan warna visual-rock dan hardcore. VanessA juga merupakan band yang dibawah asuhan label SPEEDDISK.

Tanpa basa-basi lagi, langsung saja kita simak lagu pembuka, yaitu san uta ~RETROSPECTION~ [04:49]. Tidak perlu diragukan lagi. Ini dia yang menjadi lagu andalan dalam single kali ini. Lagu dibuka dengan intro yang mengandalkan permainan berat gitar nan aggressive, seperti kebiasaannya VanessA, yang langsung disambut dengan tarikan scream-growl-nya Genki. Dan itu-pun masih berlanjut sampai dengan verse-nya. Instrumental yang dimainkan juga turut membakar adrenalin pendengar. Simak saja aksi drum You serta double pedal-nya yang selalu tampil atraktif. Yang membuat aku sedikit terkaget-kaget adalah saat menyimak bagian chorus-nya. Apa aku tidak salah dengar? Melodic-chorus, man! Tumben-tumbennya Genki membawakan klimaks lagu dengan menyanyikan liriknya seperti itu. Yeah, ini menandakan bahwa VanessA sudah mulai mengalami peningkatan di dalam meng-aransemen sebuah lagu. Kredit juga diberikan kepada Genki yang mulai berani "memamerkan" normal-voice-nya. Good song. I love it!

Arlequin [04:11], menjadi lagu berikutnya. Menyimak intro-nya kok membuat aku teringat dengan lagunya SLIPKNOT yang berjudul WAIT & BLEED yah? Haha. Tidak apa-apa. Khan memang rada satu aliran. Dibuka dengan permainan eletric-guitar plus aksi vokal Genki yang membawakan Engrish-nya, lagunya juga kurang lebih seperti lagu di atas tadi. Yakni heavy-riffs dan aggressivitas [thanks to Toki & Haruki]. Verse-nya [PSYCHOSOCIAL-nya SLIPKNOT?] entah kenapa menurutku terdengar biasa saja. Tapi musiknya boleh lah untuk dipake sebagai "alas” menggoyangkan kepala. Dan lagi, melodic-chorus bisa disimak di sini. Interlude yang ada pada bagian tengah lagu-pun diisi dengan aksi fanservice. Dari segi permainan musik, sang bassist Nao tampil dengan driving-line-bass-nya. Tidak lupa aksi dari You yang layak apresiasi dengan grooving double-pedal-nya.

Lagu terakhir yang bisa disimak dalam single ini, jatuh pada lagu berjudul [MA]RIA [02:32]. Awalnya aku menduga VanessA akan meng-cover lagu MARIA miliknya CORE THE CHILD, yang juga pernah dinyanyikan oleh UnsraW. Ternyata aku salah. Lagunya memang berbeda kok. Hehe. Biarpun singkat, [MA]RIA rasanya menjadi lagu yang paling cadas dibandingkan kedua buah lagu sebelumnya. Permainan musik pada interlude yang sudah bisa disimak pada awal lagu memang tipikal aku banget tuh. Headbanging-rules! Verse cukup oke. Dan chorusnya, nah ini dia, mirip banget dengan lagu UnsraW yang judulnya Dust to Dust. Hoho. Oh iya, momen yang aku suka bisa disimak sejak durasi ke 01:47 s/d 02:04. Top notch!

Wow, single ini dahsyat banget! I really love this stuff! CHI[MA]IRA rasanya menjadi rilisan terbaik yang pernah dikeluarkan oleh VanessA untuk saat ini. Di sini juga bisa disimak bahwa VanessA telah mengalami peningkatan yang sangat positif sekali. Baik itu dari segi musik, aransemen bahkan sampai performa vokal-nya Genki. Yup, CHI[MA]IRA is fuckin’ killer!

Semoga berkenan ^_^
 

Review By: SPΩWN'S SΩNCTUΩRY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar