STOP SOPA !

Jumat, 29 Mei 2009

Since1889 - ENEMY


Since1889 saat ini bisa dikatakan sebagai salah satu band ujung tombak dari perusahaan rekaman SEQUENCE RECORDS miliknya TOMOZO. Kenapa begitu? Sebab hanya Since1889 saja yang masih aktif. Black:List sudah resmi bubar pada menghujung tahun 2008 kemarin. exist+trace pindah label ke MONSTER INC, RECORDS. Begitu pula dengan LSD yang setelah merilis single Sorrow justru tidak kedengaran lagi kabarnya. Akhir dari SEQUENCE RECORDS? Ah, jangan berpikiran se-ekstrim itu. Masih ada Art Cube dan Dark Schneider kok. Hehe. Malah kabar terbaru mengatakan TOMOZO sedang berniat membentuk sebuah band baru, di mana TOMOZO akan menjadi gitarisnya. Yah, kalo nama TOMOZO sudah ada dijamin deh warna musiknya akan cadas abis. Kita tunggu saja!

Kembali ke Since1889. Setelah merilis single Dear... raila ditanggal 14 Maret 2009 lalu, Since1889 kembali hadir dengan maxi-single ketiga sepanjang karirnya hingga saat ini. Maxi-single tersebut dikasih judul ENEMY. Dan di dalamnya berisikan tiga buah lagu yang masing-masing lagu judulnya adalah [+]of screamer, THE ENEMY dan Blind GATE. Setelah menyimak single ini, well, cukup oke lah menurutku. Terlebih lagu yang berjudul THE ENEMY, rasanya bisa dijadikan track andalan.

Sekilas profilenya. Band yang terbentuk pada tahun 2005 dan berasal dari kota Niigata ini terdiri atas empat orang personil dan satu orang support member. Ke-empat personil tersebut adalah Sugawara Kouta sebagai vokalisnya, Setsu pada posisi gitar, Yoshiatsu yang juga sebagai gitaris dan Hiroki yang menggawangi posisi drum. Sedangkan support membernya bernama Shun yang tentu saja memegang alat bass. Warna musik yang mereka mainkan bisa dikatakan sebagai hard-rock atau metal. Yakni memainkan alunan-alunan gitar yang berat, agrressive dan penuh dengan nuansa gelap/suram. Since1889 merupakan salah satu band indie Visual-kei yang juga cukup banyak memiliki fans fanatik-nya.

Cukup sudah basa-basinya. Langsung saja kita simak single ini secara bersama-sama. Setelah dibuka dengan track pembuka yang terasa banget nuansa "new age"-nya ala Enya, yakni [+]of screamer [01:42], single-pun dilanjutkan dengan lagu andalan, juga sebuah lagu pendobrak kesunyian, yaitu THE ENEMY [03:59]. Diawali dengan growl-scream khas miliknya Kouta, lagu langsung dibalas dengan permainan musik yang cepat, aggressive dan tentunya heavy-sound. Alunan musik pada verse sangat kental dengan nuansa trash metal. Itu bisa disimak pada permainan trash-riff-guitarnya. Kouta-pun menawarkan aksi vokalnya yang cukup dahsyat. Yakni dengan bernyanyi gaya ala death-metal: high-pitch growl yang dibarengi dengan seringai. Secara komposisi, lagu ini boleh lah dikatakan metal. Interlude yang ada pada pertengahan aku rasa menjadi service yang memuaskan bagi para pendengarnya, apalagi jika dibawakan saat live. Good song! I really love it!

Dan dilanjutkan dengan sebuah lagu B-side, judulnya Blind GATE [04:42]. Kurang lebih masih menawarkan aggressivitas dalam musik. Cuman kali ini leih catchy dan sedikit bermelodi, baik itu pada instrumen-nya maupun liriknya [terutama chorusnya]. Kouta pun masih royal dengan aksi growl-nya. Itu bisa disimak pada verse-verse yang ada. Untuk chorusnya nih, entah kenapa vokal Kouta kok terdengar agak aneh. Momen terbaik dari lagu ini bisa disimak pada durasi ke 02:33 s/d 03:12. Sudah lebih dari cukup tuh untuk sekedar berhead-banging!

Yosh, aku rasa singlenya cukup oke lah untuk disimak. Apalagi jika anda adalah penikmat sejati musik cadas yang sekali dengar saja sudah bisa dipake sebagai bahan untuk memuaskan diri sambil berhead-banging, moshing-ria atau bahkan slamming. Haha. Ditunggu lagi deh karya-karya selanjutnya dari Since1889. Lebih cadas malah lebih bagus lagi tuh! Jangan nanggung!

Semoga Berkenan ^_^
 

Review By: SPΩWN'S SΩNCTUΩRY



Tidak ada komentar:

Posting Komentar