STOP SOPA !

Selasa, 19 Mei 2009

Nightmare - Majestical Parade [13.05.2009]




Sebelum Me Review Album ini apa salahnya qt membahas sedikit tentang Nightmare. Maap kalo Reviewnya kepanjangan, klo males baca ya tinggal langsung download aja.

Siapa penikmat musik jepang yg tidak tahu Nightmare, band jrock visual-kei yg satu ini sangat jauh berbeda dari semua band jrcok visual-kei yg lain, karena ciri khas yg dimiliki setiap awak Nightmare. Suara Yomi sang vokalis yg berat bercampur suara opera membuat Nightmare tidak bisa disamakan & diremehkan di dunia permusikan jepang, & yg tidak kalah hebat adalah setiap personil yg lain. Jika sedang menjalani pekerjaan semua personil Nightmare tampak serius dan menjunjung tinggi profesionalisme, tapi percayalah disaat sedang santai mereka menjadi salah satu musisi jepang yg paling konyol tingkahnya. Bagi yg tidak tahu keberadaan Nightmare, lebih baik langsung dengarkan Hits nya, jika enggan lebih baik terjun ke laut aja XD.

Panjang ceritanya kalau harus membahas Nightmare, karena sejarahnya yg panjang, maklum band ini mulai aktif tahun 2000. Karena itu, lebih baik langsung bahas saja album baru mereka yg rilis tanggal 13 MEI kemarin.






Album Nightmare yg satu ini berjudul Majestical Parade. Setelah mendengarkan setiap lagu di album ini, aq merasa bahwa album ini Lain dari Album Nightmare yg sudah-sudah, di album ini menurut aq suara khas Yomi benar-benar memukau, power suara yomi dan suara berat bercampur suara opera memanjakan aq di setiap lagu-lagunya, terlebih lagi di album ini banyak lagu Nightmare yg baru easy listening dan chatty.

Lagu pertama Berjudul Parade (3:03). Satu kata untuk lagu ini waktu aq pertama kali dengar, Wauu ! ! ! . Lagu ini dibuka dg suara ketuka drum Ruka yg seperti ketukan drum saat Parade, sesuai dg judul Album ini. Dengan kata lain, selamat untuk Nightmare, kalian berhasil membuka Album ini dg lagu Parade.

Lagu selanjutnya berjudul Can You do It? (4:30). Lagu ini kencang tapi tidak terlalu susah untuk dicerna, bahkan lagu ini terkesan mudah di ingat. Coba simak bagian Reff , suara Yomi benar-benar patut diacungkan jempol, kalau penyanyi awam menyanyikan lagu ini, pasti sudah keabisan napas dalam meniru suara Yomi. Permainan gitan Sakito jg memukau di lagu ini.

Lagu yg ketiga berjudul Mr.Trash Music (2:56). Tidak jauh berbeda dg lagu sebelumnya, hanya saja lagu yg satu ini cepat tapi agak susah untuk dicerna bagi orang yg mendambakan lagu easy listening, bagi orang yg sudah biasa dengar lagu band visual-kei dan lagu Old Nightmare, lagu ini bukan masalah, malahan lagu ini tetap asik.

Lagu yg keempat berjudul Naked Love (4:07). Lagu yg pada bagian awal slow, akan berubah pada bagian reff yg bernada Spontan & semangat, dengan kata lain lagunya bernada naik turun secara drastis, hehehehehehehe.

Lagu yg kelima berjudul Masquerade (4:42). Dari judulnya aq jadi teringat kata Masquerade yg berarti topeng, tapi kata ini kerap sekali muncul dalam Film bertema Eropa jama dulu yg pada tahun itu masyarakat suka mendengar musik Opera & Swing. Memang sih gk ada hubungannya, tapi tebakan aq sedikit benar, lagu ini ada sedikit unsur musik Swing dan yg membuat lagu ini asik lagi-lagi suara Yomi.

Lagu selanjutnya berjudul MELODY (original Version). Disinilah lagu Nightmare yg chatty & easy listening seperti Tsuki no hikari, Utsutsu no Yume bakal terulang. Pada awal lagu ini dibuka dg suara music yg chatty, terlebih lagi lagunya easy listening, & permainan Gitar Sakito & permainan Bass Ni~ya menambah kesan manis pada lagu ini.

Selanjutnya adalah lagu berjudul Cynical Re:actor (4:08). Lagu yg satu ini sungguh unik, lagunya diikuti suara percakapan seseorang, entah apa maksudnya karena aq tidak tahu artinya, hueheuheuheuheuhue. Tipikal lagu ini seperti lagu Nightmare yg berjudul White Room, tidak terlalu cepat atau lambat, tetapi tetap asik, apalagi pada bagian Reff.

Lagu berikutnya berjudul Gianism 9 (2:38). Entah apa maksudnya Nightmare kerap sekali membuat lagu yg judulnya dg kata Gianism, tidak sedikit lagu yg judulnya memakai kata Gianism, akan tetapi lagu ini sudah pasti bisa kutebak warna lagunya, karena lagu Nightmare yg berjudl Gianism pasti warna musiknya gelap dan kebanyakan lagunya sidikit susah dicerna.

Nothing You Lose menjadi lagu berikutnya (4:33). Oh Man, lagu ini benar-benar memanjakan telingaku, aq terkesan pada bagian reff nya yg membuat suasana lagu ini seperti konser karana suara Yomi seakan menggetarkan ruang konser, suaranya benar-benar kuacungkan 4 Jempol, hehehe. Yg tidak kalah adalah permaian personil yg lain, bahkan suara bass Ni-Ya mengiringi bagian reff lagu, wauuuu, menurut aq lagu ini The Best di Album ini.

Ok, kita akan bertemu lagi dg lagu yg easy listening lagi yg berjudul Lost In Blue (4:16). Lagunya santai & benar-benar memanjuakan pendengar sehingga lagunya tidak membuat aq cepat bosan.

Lagu kedua sebelum lagu terahir berjudul Simple Life (5:04). Entah kenapa aq jadi teringat kenginan para personil Nightmare yg ingin pulang kampung ke Sendai & melakukan pemotretan dg tema seorang petani (aneh-aneh aja mereka) setelah mendengar lagu ini. Mungkin karena lagu ini berjudul Hidup Sederhana yg identik dg hidup di desa dg tenang dan jauh dari masalah. Lagu yg east listening dech, cocok buat lagu yg menemani qt sewaktu mau tidur.

Lagu yg terakhir berjudul Chronicle (4:57). Lagi-lagi lagu yg Easy listening dari Nightmare, lagu yg tepat untuk menutup Album ini. Dg diputarnya lagu ini maka berakhirlah Album Majestical Parade yg keren abis.

Yah, setelah panjang lebar me Review Album ini, aq simpulkan lagu ini benar-benar Sangat Direkomendasikan untuk dimiliki, silakan download & jika jatuh hati aq sarankan untuk membeli CD/DVD yg Original ( bagi yg punya bnyk duit ), kalau aq jujur pengen banget punya yg Original, tapi sayangnya gk punya duit. ~_~

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca Review yg amat panjang ini.

Semoga berkenan ^_^

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar